Caritas PSE KAM Gelar Pelatihan Peningkatan Pelayanan Korban Penyalahgunaan Narkotika

yy

Caritas PSE KAM Gelar Pelatihan Peningkatan Pelayanan Korban Penyalahgunaan NarkotikaYayasan Caritas Pengembangan Sosial dan Ekonomi (PSE) Keuskupan Agung Medan (KAM) menggelar pelatihan peningkatan pelayanan terhadap korban penyalahgunaan narkotika.


Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 5 April itu diikuti oleh puluhan peserta dari beberapa lembaga rehabilitasi korban penyalahgunaan narkotika, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Pelatihan ini kita harapkan dapat memenuhi standar pelayanan terhadap korban penyalahgunaan narkoba. Kita menyadari bahwa yang kita rawat adalah orang sakit, sehingga harus dirawat secara profesional, maka kami terpanggil untuk menggelar pelatihan ini," kata Muhammad taufik ismail, perwakilan Yayasan Caritas PSE KAM, Jumat (9/4/2021).

Dia mengatakan, dengan pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Madani Medan itu, para petugas penanganan dapat meningkatkan pelayanan, pengetahuan dan kompetensi dalam merawat penyalahgunaan napza.

Hal senada juga disampaikan oleh Christ Chicco N Sijabat, traineer Parahita sekaligus Sekretaris IKAI Nasional. Menurutnya, pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan baik dari pengetahuan, kapasitas, keahlian dan kompetensi para petugas penanganan gangguan penggunaan zat adiktif.

"Setelah semua standar sudah terpenuhi, maka pada ujungnya akan meningkatkan kualitas pelayanan serta tercapai tujuan sari layanan tersebut," ungkapnya.

Meski demikian, Christ mengatakan tidak punya target khusus dalam pelatihan tersebut. Namun dia menekankan 4 poin layanan yang telah diberikan dapat diaplikasikan dalam pemenuhan pelayanan.

"Tidak target khusus ya, karena pembahasannya spesifik pada assessment untuk penilaian, kemudian untuk penerimaan awal dan dokumentasi dan rencana rawatan, maka 4 komponen tersebut sangat penting untuk meningkatkan output dari terapi atau rehabilitasi," pungkasnya.